Senin, 12 September 2011

Tradisi Buka Bumi

Adalah Pohon Beringin yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar, terutama di dusun Beji dan Balung Kulon. Tradisi yang berjalan adalah tradisi Buka Bumi. Buka Bumi biasanya dilaksanakan menjelang bulan Ramadhan. Namun, tradisi juga bisa diselenggarakan pada saat- saat tertentu yang sudah ditentukan. Misalnya, ketika pagar pohon dirasa rusak.
Tradisi dilaksanakan dengan membersihkan lingkungan sekitar pohon kemudian mengganti pagar pohon. Syaratnya adalah bahan dan bentuk pagar tersebut harus selalu sama, tidak boleh diganti dengan bahan selain bambu. Proses selanjutnya adalah berdoa di area pohon Beringin (Keramat) dengan berbagai kudapan yang telah dipersiapkan.
Kepercayaan yang lain adalah pemberian bingkisan makanan (besekan) pada pohon Beringin oleh warga sekitar (RT.04 RW.04) di area pohon Keramat. Bingkisan makanan dikirim pada saat warga mempunyai acara atau hajat. Buka Bumi juga merupakan perantara yang bertujuan untuk mengucap syukur dan melancarkan segala sesuatu di musim tanam.

Tradisi Buka Bumi merupakan salah satu kearifan lokal yang masih dijaga oleh masyarakat desa Karangrejo. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam. Tradisi Buka Bumi tentunya juga akan menjadi salah satu sarana untuk mempererat tali persaudaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar